Home Gadget Panduan Hemat Baterai iOS yang Mudah 2020, Dijamin Tahan Seharian

Panduan Hemat Baterai iOS yang Mudah 2020, Dijamin Tahan Seharian

40
0

Pugago.id Banyak penyebab baterai iOS cepat habis, salah satunya adalah karena banyaknya aplikasi dan game yang terinstall pada perangkat tersebut. Jika demikian, artinya Anda harus lebih sering lagi mengisi ulang daya baterai iOS. Pastinya hal tersebut cukup merepotkan, apalagi jika Anda tidak memiliki banyak waktu hanya untuk mengisi ulang daya baterai. Tenang, coba praktekkan panduan hemat baterai iOS berikut ini agar baterai tidak boros dan tahan seharian.

Panduan Hemat Baterai iOS yang Mudah 2020, Dijamin Tahan Seharian

Jangan Menghentikan Aplikasi Saat Tidak Digunakan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk hemat baterai iOS yang mudah, pertama adalah dengan menghindari menghentikan atau menutup aplikasi saat tidak digunakan. Mungkin Anda berpikir agar aplikasi tidak menyedot baterai terlalu banyak dari latar belakang, tetapi ternyata cara tersebut kurang tepat. Menghentikan aplikasi justru membuat RAM bekerja dari awal lagi saat aplikasi dibuka. Tentunya yang demikian akan menguras baterai jika dilakukan terus menerus.

Menghapus Aplikasi Boros Baterai

Cara lain hemat baterai iOS yang bisa dicoba agar tahan seharian adalah dengan menghapus beberapa aplikasi boros baterai. Untuk cek aplikasi paling boros baterai di iPhone mudah sekali, silakan menuju ke menu Setting – General – Battery Usage. Selain itu Anda juga bisa menghapus aplikasi yang jarang digunakan atau tidak terlalu penting.

Menghapus Aplikasi Facebook

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi satu ini, Facebook? Melalui aplikasi Facebook tentunya akan semakin memudahkan Anda untuk mengakses sosial media tersebut. Tapi, tahu nggak sih kalau Facebook ternyata masuk dalam daftar aplikasi boros baterai. Facebook bahkan digadang – gadang sebagai aplikasi boros baterai paling parah. Oleh karenanya sebaiknya Anda hapus aplikasi tersebut dari iOS, sehingga Anda bisa menghemat daya baterai hingga 15%.

Mematikan AirDrop

Apa itu AirDrop? Ini merupakan fitur unggulan iOS yang butuh koneksi Bluetooth. Melalui fitur tersebut Anda jadi semakin mudah ketika menstransfer file, seperti foto ke perangkat iOS. Sayangnya, fitur AirDrop tergolong boros baterai. Untuk itu disarankan agar Anda mematikan AirDrop dari iOS dan hanya menghidupkannya saat dibutuhkan.

Mematikan Raise to Wake

Berbeda dengan AirDrop, untuk fitur satu ini, Raise to Wake biasanya digunakan untuk memungkinkan iOS menyala secara otomatis saat diangkat. Artinya, Anda tidak perlu lagi menekan tombol apapun untuk menghidupkan perangkat tersebut. Sayangnya, fitur Raise to Wake ternyata membuat konsumsi baterai meningkat. Oleh karenanya Anda perlu menonaktifkan fitur ini untuk membantu menghemat daya baterai.

Cara mematikan fitur Raise to Wake di iOS mudah sekali, silakan menuju ke menu Setting – Display  Brightness dan temukan Raise to Wake.

Mematikan Notifikasi di Kunci Layar

Seperti yang diketahui, aplikasi yang berjalan secara default mampu menampilkan notifikasi pada layar kunci iOS, sehingga memudahkan Anda untuk melihatnya. Tapi tahukah Anda kalau ternyata tidak semua aplikasi perlu menggunakan fitur ini. Apalagi karena Anda harus korbankan daya tahan baterai. Sedikitnya aplikasi yang diizinkan menggunakan fitur tersebut, maka akan mengurangi waktu layar aktif sehingga baterai iOS Anda pun jadi lebih baik.

Untuk menyesuaikan notifikasi yang ditampilan di layar kunci Anda bisa menuju ke menu Setting – Notifications – Pilih Aplikasi – Matikan Show On Lock Screen.

Mempersingkat Auto-Lock

Adapun cara lain yang tidak kalah mudahnya untuk dicoba adalah dengan mempersingkat Auto-Lock atau waktu menunggu. Ini biasanya digunakan sebelum iOS standby yang ternyata justru berpotensi menjadi cara agar baterai iOS lebih awet dan tahan lama. Apabila Anda benar – benar ingin menghemat daya baterai iOS, disarankan untuk memilih yang paling singkat, yakni 30 detik.

Mengaktifkan Low Power Mode

Terakhir adalah dengan mengaktifkan Low Power Mode. Ini berguna sekali untuk menonaktifkan aplikasi atau game yang berjalan di latar belakang, mengurangi efek tertentu, dan mengurangi tingkat kecerahan layar. Tidak hanya itu, Low Power Mode juga bisa menekan kerja proseosr agar mengkonsumsi baterai lebih sedikit.

Nah, itulah panduan hemat baterai iOS yang mudah 2020, dijamin tahan seharian. Semoga informasinya bermanfaat.