Home Peluang Usaha 5 Tips Menjalankan Usaha Bisnis Ayam Geprek

5 Tips Menjalankan Usaha Bisnis Ayam Geprek

524
0

Pugago.idBisnis kuliner tidak mati dan terus ada selama Anda membutuhkan makanan. Salah satu kuliner yang lagi hits adalah ayam geprek. Ayam geprek ini adalah hidangan ayam goreng tepung yang dipadukan dengan saus korek api yang kemudian diletakkan di atas ayam. Kuliner ini dikenal memiliki rasa pedas dengan harga yang relatif terjangkau. Sebenarnya kuliner ayam geprek sudah ada sejak lama tetapi lebih dikenal dengan sayuran segar dengan konsep warung pinggir jalan. Kelebihan dari bisnis ayam geprek dibandingkan dengan bisnis kuliner lainnya adalah:

  • Bahan dasar mudah ditemukan di pasaran
  • Ayam Geprek adalah jenis hidangan untuk semua orang, sehingga sangat populer dan merupakan salah satu makanan khas nusantara
  • Modal bisnis untuk bisnis ini tergolong tidak terlalu besar
  • Meskipun dikenakan harga yang relatif terjangkau, tetapi manfaat yang diperoleh untuk bisnis ini juga cukup tebal
  • Ada banyak kemitraan ayam geprek yang dapat Anda pilih jika Anda tidak memiliki talenta untuk mencampurkan bumbunya
  • Jenis makanan ini sederhana dan tidak rumit jika dilihat dari perspektif konsumen. Jenis makanan ini diklasifikasikan sebagai pilihan menu sarapan atau makan siang untuk mereka yang sangat sibuk.

Cara Memulai Bisnis Ayam Geprek

Untuk memulai usaha ayam geprek sebenarnya sama dengan jenis usaha lainnya. bagi Anda yang masih pemula dalam mendirikan bisnis, Anda juga dapat mendengarkan langkah-langkah berikut:

Rencana Bisnis Selalu yang Pertama

Dalam bisnis Anda, Anda tidak dapat bertaruh karena semua tindakan yang diambil dalam bisnis memiliki dampaknya masing-masing. Dalam memulai bisnis ayam geprek, Anda perlu melakukan perencanaan bisnis terlebih dahulu. Rencana bisnis ini mencakup visi dan misi, peluang dan risiko bisnis serta analisis biaya yang diperlukan.

Menentukan Lokasi

Setelah Anda membuat perencanaan bisnis, lanjutkan dengan menentukan lokasi. Tentukan siapa target pelanggan Anda. Berapa anggaran untuk penyewaan lokasi dan apakah lokasi yang digunakan cukup strategis atau tidak.

Siapkan Peralatan dan Dari Mana Anda Mendapatkan Bahan Baku

Kemudian lanjutkan dengan menyiapkan peralatan sederhana untuk memasak ayam geprek itu sendiri. Tentunya Anda membutuhkan penanak nasi untuk memasak nasi, wajan, sendok, piring, kursi, meja. Persiapkan semua yang dibutuhkan di restoran baik untuk memasak maupun untuk fasilitas konsumen Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu siapa pemasok bahan baku Anda, di mana penjual ayam lainnya bisa bekerja sama. Ini untuk memudahkan Anda menyajikan ayam geprek dengan bahan-bahan yang masih segar sehingga kualitasnya tetap terjaga.

Siapkan Strategi Unik

Akhirnya, dalam hal promosi, harus berbeda sehingga mudah diingat dan menarik minat banyak orang. Cobalah untuk mempromosikan ayam geprek dengan media iklan yang lebih trendi. Misalnya, Anda dapat mengundang youtuber kuliner untuk meninjau produk kuliner Anda. Selain itu, buat akun media sosial sehingga produk ayam geprek yang dimiliki semakin terkenal. Lakukan beberapa inovasi agar ayam geprek Anda berbeda dari ayam geprek lainnya.

Ide Inovasi Ayam Geprek

Seperti dijelaskan sebelumnya, penting untuk tampil beda di tengah-tengah bisnis kuliner kompetitif saat ini. Apalagi bisnis ayam geprek semakin mudah ditemukan di mana-mana. Untuk menambah jumlah konsumen, jadikan mereka kepo produk kuliner yang mereka miliki.

  • Berikan level alternatif pedas mulai dari yang biasa sampai yang pedas
  • Sediakan aneka topping tambahan mulai dari keju, saus telur atau tambahkan berbagai jenis cabai mulai dari bawang bombai, terasi, saus sambal mata, cabai hijau dan banyak lagi
  • Berikan acara dadakan setiap bulan, misalnya, makan ayam geprek gratis untuk pengunjung yang tanggal lahirnya sama dengan ulang tahun restoran Anda.