Home Bisnis 5 Jurus Jitu Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat Agar Tidak Kedodoran

5 Jurus Jitu Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat Agar Tidak Kedodoran

16
0

Pugago.idBerbicara mengenai iklan, memanglah hal ini menjadi salah satu penunjang utama untuk berjalannya bisnis yang Anda jalankan saat ini. Namun, seringkali pelaku bisnis terkendala dengan biaya iklan yang harus dikeluarkan. Bila mereka mengeluarkan terlalu besar, maka hal ini akan membebani perusahaan. Tetapi, bila terlalu kecil, maka bisnis yang mereka miliki akan kurang dikenal.

Anda sebenarnya dapat mengatasi masalah ini dengan mengatur anggaran untuk iklan bisnis. Berikut beberapa metode yang dapat digunakan. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya mengenai 5 Jurus Jitu Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat Agar Tidak Kedodoran berikut ini.

  • Presentase Penjualan atau Keuntungan

Anda dapat menemukan rasio presentase biaya iklan yang digunakan perusahaan-perusahaan dari berbagai sumber, seperti majalah bisnis dan sejenisnya. Dari sini, Anda dapat menentukan presentase yang sesuai dengan penjualan dari bisnis yang Anda jalankan.

Mengapa tidak keuntungan? Hal ini sangat beresiko, karena saat jumlah keuntungan Anda menurun, maka presentase biaya iklan Anda juga ikut menurun. Kondisi ini dapat mempengaruhi bagaimana posisi produk atau layanan Anda dalam pasar, bila promosi yang dilakukan tidak sesuai dengan kondisi bisnis.

Untuk jenis penjualan yang dapat Anda jadikan patokan, terdapat 3 jenis yang dapat digunakan, yaitu:

  1. Penjualan tahun lalu atau rata-rata penjualan tahun-tahun sebelumnya.
  2. Proyeksi penjualan akan datang.
  3. Gabungan dua jenis penjualan diatas.
  • Unit Penjualan

Pada metode ini, Anda menggunakan jumlah produk yang akan Anda jual untuk menentukan biaya iklan yang harus Anda keluarkan. Misalnya, bila Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 100 ribu untuk menjual 1 produk, maka bila target Anda menjual 100 produk, Anda harus mengeluarkan biaya Rp. 10 juta.

Metode ini akan sangat efektif untuk Anda yang menjual produk atau layanan yang dipengaruhi oleh faktor luar, seperti cuaca, musim dan sejenisnya. Untuk produk atau layanan yang dijual secara sporadis, metode ini tidak terlalu efektif.

  • Tujuan dan Tugas

Metode ini dapat memberikan informasi biaya iklan yang lebih detail. Namun, cara ini juga terbilang sangat sulit untuk dilakukan. Anda membutuhkan waktu, tenaga serta keahlian untuk melakukan survei dan penelitian, untuk informasi yang akurat demi menentukan presentase biaya iklan yang tepat.

 

Hal ini lalu Anda hubungkan dengan tujuan utama dari iklan yang akan Anda lakukan, misalnya iklan untuk pasar anak muda. Dan, tugas diberikan pada orang yang sesuai dengan kemampuannya.

  • Penaglokasian Anggaran

Setelah Anda memilih metode yang Anda gunakan, Anda dapat mengalokasikan anggaran untuk memaksimalkan strategi promosi bisnis Anda. Setidaknya ada 5 bagian yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  1. Anggaran departemen
  2. Anggaran total
  3. Periode kalender
  4. Media
  5. Daerah Penjualan
  • Memulai

Setelah memilih metode dan menentukan pengalokasian anggaran iklan Anda, maka hal yang Anda lakukan selanjutnya adalah memulainya. Dengan menggunakan rencana yang sudah Anda susun, maka biaya iklan yang tepat dan jelas akan Anda dapatkan.

Demikian ulasan singkat mengenai 5 Jurus Jitu Menentukan Biaya Iklan dengan Tepat Agar Tidak Kedodoran yang bisa disampaikan kali ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!