Home Bisnis 5 Hal Yang Membuat Bisnis Online Anda Bangkrut

5 Hal Yang Membuat Bisnis Online Anda Bangkrut

23
0

Pugago.id – Bisnis online saat ini memang menciptakan fenomena tersendiri. Karena potensi yang sangat besar dari bisnis berbasis jaringan internet ini membuat banyak pelaku bisnis tertarik untuk menjalaninya. Namun, meski bisnis online begitu besar, tidak sedikit pengusaha mengalami kegagalan saat menjalankannya. Dengan tingkat persaingan yang begitu tinggi, itu membuat pebisnis benar-benar harus berjuang keras untuk bisa menaklukkannya. Jika kemudian bisnis online tidak mampu menaklukkan persaingan, maka keadaan kebangkrutan dan gulung tikar bukan tidak mungkin untuk dicapai.

Nah untuk alasan ini, Anda yang saat ini menjalankan bisnis online, maka Anda harus berhati-hati dalam menjalankannya. Terutama jika Anda melihat beberapa tanda berikut ini :

1. Tidak terlalu dekat dengan konsumen

Tanda pertama bahwa bisnis online Anda berada di ujung tanduk Anda untuk menyadari tidak benar-benar dekat dengan konsumen. Memang, bisnis harus dekat dengan pelanggan mereka. Semakin dekat bisnis online dengan pelanggannya, semakin besar peluang untuk sukses. Meskipun bisnis Anda berada di dunia maya yang membuatnya sulit untuk bertemu konsumen, tetapi hanya dengan menyapa melalui media sosial, email atau aplikasi pesan instan, Anda akan dapat mendekati konsumen. Tidak hanya bertanya, ketika menyapa konsumen, Anda juga dapat menanyakan apa kebutuhan mereka atau meminta Anda untuk memberikan umpan balik (umpan balik) kepada bisnis Anda. Ketika Anda melakukan itu, konsumen akan merasa dihargai dan Anda juga bisa mendapatkan input penting untuk bisnis online.

2. Penghasilan Terus Menurun

Pendapatan atau omset memang sesuatu yang akan membuat bisnis berjalan dan berkembang. Tanpa pendapatan yang menguntungkan, bisnis apa pun, termasuk bisnis online, akan menurun hingga runtuh. Karena itu ketika Anda menemukan bisnis online terus mengalami penurunan turnover, Anda harus waspada. Sebab, bisnis online yang terus mengalami penurunan omset akan membuatnya terancam gagal. Ini karena ketika omset atau pendapatan turun, bisnis online tidak dapat lagi menggerakkan roda bisnis mereka.

3. Kepemimpinan yang Buruk dan Keputusan yang Salah

Peran pemimpin (CEO) dalam suatu perusahaan atau bisnis memang sangat krusial. Ini karena dari para pemimpin bisnislah nasib perusahaan dipertaruhkan. Selain itu, dari pemimpin ini dapat diambil keputusan yang dapat menentukan nasib bisnis. Jika kepemimpinan seorang CEO buruk, perusahaan akan merasa sulit untuk berkembang karena suasananya tidak mendukung pertumbuhan bisnis. Kasus seperti ini tidak hanya berlaku untuk bisnis offline, tetapi juga berlaku untuk bisnis online. Jadi jika Anda menemukan bisnis online yang dipimpin oleh CEO yang buruk dan sering membuat keputusan yang salah, maka ini akan menjadi pertanda bahwa bisnis online ada di ujung tanduk.

4. Produk Yang Tidak Berkelanjutan Sepanjang Waktu

Selain itu, tanda bisnis online Anda berada di ujung tanduk adalah produk yang tidak berkelanjutan sepanjang zaman. Adalah layak untuk bisnis, termasuk bisnis online untuk menjual produk yang berkelanjutan sepanjang zaman. Jika produk bisnis online tidak berkelanjutan sepanjang zaman, maka ini akan membuat bisnis sulit untuk menyerap pasar ketika tidak diminati. Ketika suatu produk tidak dapat diinginkan, ini akan membuat nasibnya tidak bertahan lama. Jadi Anda yang menemukan bahwa produk bisnis sudah mulai diserap pasar, Anda harus waspada karena ini dapat membuat bisnis online gagal.

5. Strategi Pemasaran yang Selalu Berjalan Tidak Efektif

Terakhir, tanda bisnis online yang harus diwaspadai karena nasibnya berada di ujung tanduk adalah strategi pemasarannya yang selalu berjalan tidak efektif. Untuk dapat menumbuhkan bisnis, Anda benar-benar harus menjalankan strategi pemasaran yang efektif. Ketika pemasaran efektif, akan ada pendapatan penjualan atau pendapatan yang dapat Anda gunakan untuk menggerakkan roda bisnis. Tetapi jika strategi pemasaran yang Anda jalankan selalu berjalan tidak efektif, maka ini akan membuat penghasilan Anda menurun. Dan ketika penghasilan terus menurun, maka ini akan membuat bisnis online bernasib gagal.