Home Bisnis 4 Pertimbangan Agar Bisa Membeli Rumah Pertama Kali

4 Pertimbangan Agar Bisa Membeli Rumah Pertama Kali

25
0

Pugago.id – Setiap keluarga pasti ingin memiliki rumah atau tempat tinggal mereka sendiri. Sayangnya dengan semakin tingginya harga tempat tinggal, banyak orang merasa sulit untuk mewujudkan impian mereka untuk memiliki rumah. Padahal dengan manajemen keuangan yang baik sebenarnya untuk mendapatkan rumah pertama agar keluarga ini dapat terwujud. Cara paling umum bagi seseorang untuk memiliki rumah pertama adalah membeli secara kredit. Dengan fasilitas hipotek (KPR) dari bank memang bisa memudahkan Anda memiliki rumah. Namun, agar metode ini bekerja dengan lancar, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan agar memiliki rumah pertama.

Tingkatkan Keuangan Anda

Pertama, hal yang perlu Anda persiapkan untuk dapat memiliki rumah pertama adalah meningkatkan keuangan Anda. Hal utama dan mendasar dalam urusan memiliki rumah ini adalah keuangan. Semakin baik kondisi keuangan Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan rumah pertama Anda. Meskipun Anda akan mengajukan permohonan pembelian rumah secara kredit melalui, kondisi keuangan Anda akan memiliki pengaruh besar pada persetujuan Anda dari bank. Dalam mengajukan hipotek rumah secara kredit Anda memang diharuskan membayar uang muka (uang muka), yang jumlahnya tentu tidak sedikit. Selain oleh bank itu sendiri, Anda juga akan dilacak sejarah keuangannya, apakah ada masalah atau tidak. Jika ada masalah dalam sejarah keuangan Anda, akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan persetujuan hipotek. Apa itu cukup? Tentu saja tidak, karena setelah aplikasi Anda disetujui, Anda harus membayar angsuran atau angsuran setiap bulan. Dari sini, untuk memiliki rumah pertama ini apa pun yang terjadi, buat Anda harus menyiapkan kondisi keuangan yang baik.

Tentukan Rumah yang Bisa Anda Beli

Rumah atau tempat tinggal itu sendiri memiliki berbagai variasi. Dalam dunia properti, variasi properti sering dikenal dengan tipe. Tentunya jenis masing-masing rumah ini memiliki harga yang berbeda. Nah, di sinilah Anda yang ingin memiliki rumah pertama diharuskan memilih atau menentukan jenis rumah. Pastikan Anda memilih jenis rumah yang Anda mampu sesuai dengan situasi keuangan Anda. Karena jika Anda memaksakan kemauan untuk membeli rumah yang tidak sesuai dengan kondisi keuangan, ini nantinya akan membuat Anda sulit memenuhi kebutuhan hidup lainnya. Dalam istilah dunia, pembelian properti yang tidak sesuai dengan kondisi keuangan adalah rumah miskin.

Mempersiapkan Uang Muka

Selanjutnya, hal yang perlu Anda persiapkan untuk memiliki rumah pertama Anda adalah uang muka. Dalam membeli perumahan melalui hipotek, Anda diharuskan menyiapkan uang muka, paling tidak 20 persen dari harga rumah. Jumlah uang muka itu sendiri akan mempengaruhi jumlah angsuran yang dibebankan kepada Anda setiap bulan. Jika Anda membayar uang muka dalam jumlah besar, angsuran atau angsuran bulanan akan ringan. Begitu juga sebaliknya jika Anda membayar uang muka (DP) di awal dalam jumlah kecil, maka angsuran akan semakin besar setiap bulan. Karena itu, agar Anda dapat membayar cicilan setiap bulan dengan lancar dan langsung memiliki rumah pertama Anda, maka pastikan Anda menyiapkan dana untuk uang muka. Agar harga rumah yang akan Anda beli tidak terlalu tinggi, maka pastikan Anda segera mengumpulkan dana untuk uang muka. Sebab, setiap tahun, harga rumah ini akan semakin tinggi.

Secara konsisten Membayar Angsuran dan Mencoba Tidak Terlambat

hal yang perlu dipersiapkan untuk mewujudkan impian memiliki rumah pertama adalah konsistensi pembayaran cicilan. Setelah Anda membayar setoran atau uang muka, kewajiban berikutnya yang harus dipenuhi adalah membayar angsuran atau angsuran. Angsuran bulanan ini tidak boleh diremehkan. Karena jika Anda tidak konsisten dan sering mengalami keterlambatan pembayaran, masalah akan muncul. Masalah ini sendiri akan menempatkan Anda pada risiko gagal memiliki rumah pertama yang Anda inginkan. Jadi usahakan sebisa mungkin untuk konsisten membayar cicilan dan berusaha untuk tidak terlambat membayar. Untuk tujuan ini, poin ketiga sebelumnya mengenai pembayaran di muka sangat penting untuk Anda pertimbangkan ketika merencanakan pembelian rumah pertama Anda.